MINUM OBAT DENGAN SUSU, BOLEHKAH?

MINUM OBAT DENGAN SUSU, BOLEHKAH?

 

Asalamu’alaikum Wr.Wb. Sahabat RS Aisyiyah Siti Fatimah Tulangan yang dirahmati Allah SWT. “Minum obat jangan dengan susu, karena susu bisa membuat obat tidak mempan”. Apakah ini Mitos atau Fakta?

👩‍🔬👨‍🔬
Susu bisa bermanfaat untuk membantu korban keracunan, misalnya saat overdosis obat, meski bukan penetralisir racun secara khusus. Susu bekerja untuk memperkecil volume racun dalam tubuh, melapisi saluran cerna, dan kandungan laktosanya membantu mempercepat pembuangan racun di dalam tubuh.
Obat adalah racun, tapi racun dengan dosis yang telah diperhitungkan agar tidak berbahaya untuk tubuh, dan susu pada dasarnya bermanfaat sebagai penetralisir racun sehingga ketika diminum bersamaan dengan obat. Maka disarankan terdapat jeda antara minum obat dengan minum susu minimal dua jam supaya efek obat dan proses penyerapannya di dalam tubuh dapat berlangsung efektif. Susu menetralisir obat dengan cara melapisi saluran cerna dan mengurangi absorpsi atau penyerapan antibiotik dalam tubuh. Antibiotik yang bereaksi dengan susu yakni Antibiotik golongan Tetrasiklin. Obat golongan kortikosteroid juga akan bereaksi terhadap kandungan kalsium dalam susu. Akibatnya penyerapan dan efektivitas obat pun terhambat.

✔️Tetapi faktanya ada obat yang justru lebih baik dan efektif diminum dengan susu yakni Obat-obatan berjenis NSAID (Non-Steroidal Anti-Inflammatory Drug) seperti Aspirin dan Ibuprofen bersifat mudah larut dalam lemak dan umumnya diminum setelah makan. Sedangkan obat-obatan yang boleh dan bahkan dianjurkan diminum dengan susu adalah griseofulvin, serta vitamin A, D, E, dan K. Hal ini karena kinerja obat dan suplemen tersebut didukung oleh berbagai kandungan susu. Dalam masa penyembuhan, susu bermanfaat sebagai suplemen untuk pemulihan tubuh setelah sakit. Kandungan protein, kalsium, dan fosfor mendukung pembentukan sel atau jaringan baru sehingga mempercepat proses pemulihan.

😉 Untuk para sahabat agar tidak bingung, pada waktu meminum obat sebaiknya cukup dengan air putih itulah pilihan terbaik sehingga tidak mempengaruhi penyerapan obat. Selain itu air putih bisa membantu melarutkan obat yang dikonsumsi di dalam lambung sehingga proses penyerapannya menjadi lebih baik dan lebih mudah. Bila ingin berkonsultasi tentang obat, Instalasi Farmasi Rumah Sakit ‘Aisyiyah Siti Fatimah siap memberikan pelayanan yang Islami, Profesial dan Sinergis. Kami Apoteker dan segenap asisten apoteker beserta kesehatan lainnya siap membantu sahabat semua selama 24 jam.

PELAYANAN IGD BUKA 24JAM

https://www.alodokter.com/fakta-fakta-di-balik-minum-susu-s…

Leave a Reply

Your email address will not be published.