PENYEBAB MENURUNNYA PRODUKSI ASI

PENYEBAB MENURUNNYA PRODUKSI ASI

Assalamu’alaikum wrwb. Sahabat RS Aisyiyah Siti Fatimah Tulangan yang dirahmati Allah SWT. ASI merupakan makanan utama bagi bayi. Selain baik untuk bayi ASI, juga mampu memberikan efek positif terhadap jalinan antara ibu dan bayi. Oleh karena itu banyak ibu yang berusaha memberikan ASI ekslusif bagi bayi mereka selama 6 bulan pertama. Namun terkadang hal ini terkendala dengan produksi ASI yang tidak optimal. Sebenarnya apa saja penyebab berkurangnya produksi ASI sehingga produksi ASI tidak optimal? Berikut 10 penyebab berkurangnya produksi ASI yang bisa Bunda ketahui.

10 penyebab berkurangnya produksi ASI:

Makanan
Makanan tak hanya dapat meningkatkan produksi ASI. Namun makanan juga dapat menyebabkan berkurangnya produksi ASI. Makanan seperti peterseli, oregano, pappermint, dan juga melati jika dikonsumsi dengan jumlah yang banyak dipercaya dapat menyebabkan berkurangnya produksi ASI.

Kelelahan
Kelelahan terutama karena kurang istirahat bisa menjadi salah satu penyebab berkurangnya produksi ASI.

Kesehatan
Kesehatan juga menjad penyebab berkurangnya produksi ASI. Jika Bunda merasa kurang sehat, tubuh tidak fit atau menderita kurang darah atau animea juga bisa menyebabkan berkurangnya produksi ASI.

Jarang diminum
Penyebab berkurangnya produksi ASI berikutnya adalah karena jarang diminum. ASI yang jarang diminum oleh bayi secara otomatis menyebabkan berkurangnya produksi ASI.

Merokok
Penyebab berkurangnya produksi ASI selanjutnya adalah merokok. Merokok dapat mengganggu pelepasan oksitosin dalam tubuh. Oksitosin merupakan salah satu hormon yang merangsang produksi ASI. Untuk itu agar produksi ASI tak terganggu hindarilah merokok selama menyusui.

Alkohol
Penyebab berkurangnya produksi ASI selanjutnya adalah Alkohol. Mengkonsumsi alkohol saat menyusui akan mengubah rasa ASI sehingga bayi jarang menyusu. Ketika bayi jarang menyusu maka produksi ASI pun akan berkurang. Selain itu mengkonsumsi alkohol saat menyusi juga beresiko menyebabkan bayi mengalami keterlambatan perkembangan.

Stres
Stres juga menjadi salah satu penyebab berkurangnya produksi ASI. Saat tubuh stres produksi ASI akan berkurang. Untuk itu hindarilah stres agar produksi ASI tidak terganggu.

Obat-obatan
Obat-obatan juga menjadi salah satu penyebab berkurangnya produksi ASI. Obat-obatan seperti Antihistamin, dekongestan dan diuretik bisa menyebabkan berkurangnya produksi ASI.

Perubahan hormon
Perubahan hormonal yang terjadi dalam tubuh saat sedang melakukan KB misalnya, bisa menjadi penyebab berkurangnya produksi ASI. Beberapa pil KB mengandung hormon esterogen yang dapat menyebabkan menurunnya produksi ASI.

Kehamilan
Kehamilan juga menjadi penyebab berkurangnya produksi ASI. Perubahan hormonal dalam tubuh serta hormon kehamilan dapat menurunkan produksi ASI.

Itulah penyebab berkurangnya produksi ASI yang bisa Bunda ketahui. Untuk itu hindarilah 10 penyebab berkurangnya produksi ASI di atas agar produksi ASI Bunda juga selalu optimal. Selain itu Bunda juga bisa menggunakan terapi untuk meningkatkan serta mengoptimalkan produksi ASI Bunda.

JADWAL PELAYANAN POLI SPESIALIS ANAK
dr. Medy Pryjambodo, Sp.A
Senin – Jum’at : 18.30 – Selesai

JADWAL PELAYANAN POLI SPESIALIS KANDUNGAN
dr. Moch. Hud Suhargono, SpOG (K)
Senin, Rabu : 10.00 – Selesai
Selasa, Kamis, Jumat, Sabtu : 18.30 – Selesai

dr. Agustin Linda Astuti, Sp.OG
Senin, Rabu : 19.00 – selesai
Selasa, Jum’at : 09.00 – selesai

Baby SPA
Senin – Sabtu : 08.00 – 12.00 WIB

Leave a Reply

Your email address will not be published.