History

Home / History

SEJARAH SINGKAT RUMAH SAKIT ‘AISYIYAH SITI FATIMAH

Rumah Sakit ‘Aisyiyah Siti Fatimah Tulangan berdiri pada tanggal 27 November 1990 di Jl. Raya Kenongo No. 14 Tulangan Sidoarjo menyimpan sejarah sendiri dalam perkembangannya. Awal berdirinya Rumah Sakit ‘Aisyiyah Siti Fatimah Tulangan  berawal dari BP, BKIA & RB Siti Fatimah , dengan cara menyewa rumah penduduk simpatisan Muhammadiyah. Untuk membangun gedung sendiri  Ibu-ibu Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Sidoarjo bersama Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah Tulangan dan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Tulangan,  berpartisipasi dengan berbagai cara, mulai dari pengumpulan uang kaleng di rumah-rumah simpatisan warga Muhammadiyah sampai sumbangan pribadi dari perorangan baik itu berupa batu bata, pasir, kayu dan material bangunan lainnya. Tapak-tapak sejarah tersebut memiliki nilai tersendiri karena dalam perjalanannya Rumah Sakit ‘Aisyiyah Siti Fatimah Tulangan hingga seperti sekarang ini.

Pada tahun 1993, BP, BKIA & RB Siti Fatimah  menempati gedung milik sendiri lantai dua dengan luas + 580 M2 total luas 1.140 M2.di Jl. Raya Kenongo No.14 Tulangan Sidoarjo. Pelayanan yang diberikan di BP, BKIA & RB Siti Fatimah adalah pelayanan Poli Umum, Poli KIA dan Rumah Bersalin. Namun  dengan perkembangannya,mulai ada poli spesialis kandungan, spesialis anak, spesialis penyakit dalam dan spesialis bedah. Seiring perkembangannya BP, BKIA & RB Siti Fatimah mulai membeli tanah untuk pengembangan rumah sakit kedepan. Pada tahun 2009 dimulailah era baru dalam sejarah perkembangannya  BP, BKIA & RB  Siti Fatimah Tulangan, yaitu pada bulan Januari 2009 resmi menjadi sebuah rumah sakit umum.

 Pembangunan gedung baru dimulai sejak Oktober 2010, diatas tanah dengan luas  + 3.160 M2 total luas 5.541M2, dengan harapan dengan gedung baru yang lebih memadai bisa memenuhi kualifikasi rumah sakit yang  diinginkan.

Seiring dengan bertambahnya kepercayaan masyarakat terhadap Rumah Sakit ‘Aisyiyah Siti Fatimah Tulangan, gedung yang lama kurang bisa maksimal melayani pasien dalam hal sarana dan prasarana, oleh karena itu pada tanggal 28 januari 2013, pelayanan rawat jalan yang meliputi Instalasi Gawat darurat, Poli Umum, Poli Spesialis Penyakit Dalam. Poli Spesialis Anak dan poli Spesialis Bedah pindah di gedung baru. Untuk Poli Spesialis Kandungan belum bisa dipindah, mengingat kamar operasinya masih digedung lama.

Bulan Juni 2013 dimulai pembangunan lantai 2 , yang rencananya akan dipergunakan untuk rawat inap, sehingga pelayanan rumah sakit tidak terpisah. Dibulan Juni 2014 ada penambahan alat kesehatan USG khusus untuk pasien poli Penyakit Dalam

Tanggal 23 Juni 2014 semua pelayanan pindah di gedung baru dengan ada penambahan jumlah  tempat tidur  ( TT ) , yang tadinya 31 TT menjadi 68 TT, dan ada pelayanan baru yaitu Radiologi dan poli Gigi

Tanggal 1 Mei 2016 Rumah Sakit bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan, sehingga peserta BPJS ketenagakerjaan, bisa dilayani di RS ‘Aisyiyah Siti Fatimah Tulangan. Tahun 2016 ada pembukaan klinik-klinik spesialis baru : klinik paru, klinik jantung & klinik orthopedic

Awal Tahun 2017, tepatnya di bulan Januari ditandatangani perjanjian kerjasama antara Pimpinan Daerah Aisyiyah Sidoarjo dengan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, tentang pengembangan RS ‘Aisyiyah Siti Fatimah Tulangan menjadi Rumah Sakit Pendidikan.

Bulan Februari 2017 RS ‘Aisyiyah Siti Fatimah Tulangan dengan PT Jasa Raharja untuk penangan pasien akibat kecelakaan lalu lintas, dan pada tanggal 1 Juli 2017 bekerjasama dengan BPJS Kesehatan menjadi Provider Fasilitas Kesehatan Rujukan Tindak Lanjutan (FKRTL)  

Nama Rumah SakitRS ‘Aisyiyah Siti Fatimah Tulangan
Jenis Rumah SakitUmum
Kelas RSD
PemilikPimpinan Daerah ‘Aisyiyah Sidoarjo
PenyelenggaraMajelis Kesehatan PD ‘Aisyiyah Sidoarjo
Nama Direkturdr. Tjatur Prijambodo, M.Kes